SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA :

Terima kasih telah datang di blog saya " Detik Olahraga ". di blog ini saya memberikan berita - berita tentang dunia olahraga baik di dalam negeri maupun diluar negeri. Semua jenis olahraga di beritakan di sini. Saya harap anda suka dengan blog ini. Selamat menikmati informasi olahraga yang saya tampilkan ini.
Sekian dan terima kasih.

Kamis, 17 Juni 2010

AFC Dukung Eropa Tuan Rumah PD 2018

Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) mendukung penuh agar penyelenggaraan Piala Dunia 2018 diberikan kepada benua Eropa. Untuk itu, AFC berjuang agar Asia menjadi tuan rumah pada Piala Dunia 2022.

Presiden AFC Mohamed bin Hammam menyampaikan hal itu dalam sambutannya pada Kongres Luar Biasa (Extraordinary Congress) AFC yang digelar sehari penuh pada Selasa (8/6) di Gallagher CC Auditorium, Johannesburg, Afrika Selatan.

Menurut Hammam, opsi agar tuan rumah Piala Dunia 2022 menjadi jatah Asia sudah disampaikan secara lisan kepada Presiden FIFA, Joseph Sepp Blatter. Dan, AFC secara resmi pula akan menyampaikan hal itu pada Kongres FIFA yang digelar Rabu dan Kamis (9-10/6) ini di Hotel Protea Balalaika, Johannesburg.

The AFC Extraordinary Congress diikuti seluruh utusan dari 45 negara anggota AFC, yang masing-masing mengirimkan tiga perwakilannya. Representasi dari PSSI adalah Ketua Umum PSSI Nurdin Halid, anggota Exco PSSI Ibnu Munzir, dan Sekjen PSSI Nugraha Besoes. Seorang perwakilan PSSI lainnya, yakni Suryadharma "Dali" Tahir, ikut mengikuti kongres luar biasa AFC ini dalam kapasitasnya sebagai anggota Komite Excecutiv (Exco) AFC,

Setelah mengikuti Kongres Luar Biasa AFC, Nurdin Halid, Ibnu Munzir dan Nugraha Besoes langsung menghadiri Kongres FIFA di Protea Balalaika, Johannesburg. Dali Tahir juga akan mengikuti kongres ini, sebab dia adalah anggota Komite Tetap Etik FIFA. Dali Tahir juga sudah ditunjuk sebagai salah satu anggota tim inspeksi FIFA untuk bidding Piala Dunia 2018 dan 2022.

Menurut keterangan Presiden AFC Mohamed bin Hammam, sikap AFC untuk mendukung penuh Eropa agar menjadi tuan rumah Piala Dunia 2018 sudah merupakan hasil kesepakatan seluruh anggota Exco AFC dan dua calon tuan rumah Piala Dunia 2018 dari benua Asia, yakni Jepang dan Australia. Hammam juga menyatakan, AFC akan melakukan pendekatan yang lebih intensiv agar Asosiasi Sepakbola Afrika (CAF) dapat memberikan dukungannya terhadap kesiapan Asia menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022.

"Kita mendukung Afrika menjadi tuan rumah Piala Dunia 2010, tentunya kita juga meminta dukungan mereka agar tuan rumah Piala Dunia 2022 dapat diselenggarakan di Asia," tegas Hammam, seperti dikutip dari situs resmi AFC.

Empat anggota Exco FIFA dari AFC, imbuh Hammam, juga akan melakukan lobi-lobi intensif di internal FIFA agar negara Asia memperoleh kesempatan menjadi tuan rumah extravaganza sepakbola empat tahunan pada 2022.

Ada tujuh negara yang bidding untuk Piala Dunia 2018 dan 2022. Yakni, Australia, Belgia & Belanda, Inggris, Jepang, Rusia, Spanyol & Portugal, dan Amerika Serikat, Dua negara lainnya hanya mengajukan diri untuk tuan rumah Piala Dunia 2022, yakni Qatar dan Korea Selatan.

Korsel dan Jepang sudah menjadi tuan rumah bersama pada Piala Dunia 2002, sementara Qatar tahun 2011 akan menjadi tuan rumah putaran-final Piala Asia.

Empat negara Asia ikut berkompetisi pada putaran-final Piala Dunia 2010 di Afsel yang seluruhnya melibatkan 32 tim peserta. Keempat tim Asia ini adalah Australia, Jepang, Korsel dan Korea Utara.(adi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar